ANALISIS SWOT USAHA FOTO COPY
Faktor Internal Usaha Fotocopy :
Faktor Internal Usaha Fotocopy :
1. Strength
(Kekuatan)
Sumber daya
manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Kemampuan
dalam praktek.
Hasil memuaskan
karena alat dan kebutuhan lengkap
Kemampuan
melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan
kebutuhan dan keinginan yang lain.
2. Weakness
(Kelemahan)
Jam kerja
terbatas karena mengikuti waktu perkuliahan.
Faktor
Eksternal Usaha Fotocopy:
1.
Opportunity (Peluang)
Kecenderungan
mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
Dekat dengan
pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
Mampu
mengerjakan pekerjaan dalam partai besar
Banyak terdapat
kantor disekitar lokasi usaha yang membutuhkan jasa foto copy dan lainnya
2. Threats
(Tantangan)
Belum
memahami karakter konsumen.
Banyak
pesaing.
Kesimpulan
Hasil yang
baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang
besar dalam usaha fotocopy karena berada di tempat yang strategis dan,
permintaan akan usaha seperti ini akan semakin meningkat seiring dengan
meningkatnya kepentingan masyarakat dan meminimalisasi biaya.
Saran
Perlu untuk
diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik.
dan harga yang cocok untuk para mahasiswa, karena permintaan lebih banyak
datang dari mahasiswa.
ASPEK WIRAUSAHA SECARA MANDIRI
·
PELUANG
USAHA BARU
Kesempatan
untuk menghasilkan kerja usaha, tidak harus baru sama sekali dan tidak harus
menguntungkan, karena kerja merupakan dasar bagi pelaksanaan kegiatan ekonomi
selanjutnya.
Tujuan
utama dari proses mencari peluang usaha baru adalah untuk dapat meningkatkan
produktivitas dari SDM yang ada.
·
PEMBIAYAAN
Bagaimana
memperoleh biaya atau modal kerja untuk melakukan usaha ekonomi. Dalam konteks
ini, modal kerja dapat berupa uang maupun bukan-uang.
·
KEPEMILIKAN
Yaitu
penguasaan atas sumberdaya, biasan ya dilakukan secara pribadi dan/atau
kelompok
ASPEK
WIRAUSAHA SECARA KELOMPOK
·
SUMBERDAYA
MANUSIA
Pembahasan
tentang manusia yang menjalankan fungsi dan peranannya di dalam organisasi
perusahaan atau kelompok. Jika SDM berkualitas maka usaha meningkat,dan jika
usaha meningkat maka laba usaha juga akan tercapai
·
ORGANISASI
Strukturisasi
sumberdaya : manusia dan non-manusia biasanya untuk pembagian tugas dan
menjalankan fungsi guna mencapai tujuan bersama
·
KEPEMIMPINAN
Mengarahkan
perilaku SDM. Kepemimpinan terutama difokuskan pada SDM, dan bukan pada SD
materi di dalam satu kelompok atau organisasi. Dalam konteks ini fungsi utama
dari pemimpin adalah mengkoordinasikan SDM agar maksimal dalam bekerja bersama
mencapai tujuan yang disepakati bersama sebelumnya.
·
EVALUASI
USAHA
Proses
memonitoring, menilai hasil, dan melakukan tindak-lanjut rencana dan kegiatan perusahaan / kelompok..
·
PENGEMBANGAN
USAHA
Proses
memperbesar usaha yang dilakukan : skala atau kedalamannya. Dalam Product Life
Cycle (PLC) : ada pilihan stability atau expansion dalam setiap usaha jika
sudah mencapai tahap kedewasaan.
MOTIVASI
DALAM WIRAUSAHA
Motivasi
adalah stimulasi atau semangat akibat rangsangan atau keghairahan terhadap
sesuatu yang benar-benar diingini.
Motivasi
usaha merupakan salah satu pendorong tumbuh kembangnya jiwa wirausaha seseorang.
Kesuksesan seseorang seringkali disertai dengan motivasinya yang kuat dalam
menjalakan setiap usaha yang dijalaninya.
Adapun
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Usaha adalah Kondisi lingkungan
seperti sistem hukum, industri, pasar modal dan kondisi ekonomi nasional
mempengaruhi wirausaha, tetapi motivasi wirausahawan akan mengarahkan tindakan
wirausaha pada kondisi lingkungan yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar