Pengertian
Kewirausahaan
Pengertian kewirausahaan secara umum adalah kewirausahaan adalah
suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda
(inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
Menurut Drs. Joko Untoro bahwa kewirausahaan adalah suatu
keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan
oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang
dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain
Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher
bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan
komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commercial
opportunities and creating value”
Dalam buku Entrepreneurship: Determinant and Policy in
European-Us Comparison bahwa kewirausahaan adalah proses mempersepsikan,
menciptakan, dan mengejar peluang ekonomi “process of perceiving, creating, and
pursuing economic opportunities“. Akan tetapi dikatakan dalam buku tersebut,
bahwa proses dari kewirausahaan itu sendiri sulit untuk diukur.
Menurut Bapak Eddy Soeryanto Soegoto bahwa kewirausahaan atau
entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk
menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat,
menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.
Pengertian kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi (1994)
kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan
sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis
Pengertian kewirausahaan menurut bapak Soeharto Prawiro (1997)
adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.
Pengertian kewirausahaan menurut Drucker (1959) bahwa
kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda
Pengertian kewirausahaan menurut Zimmerer (1996) adalah suatu
proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan
menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha
Pengertian kewirausahaan menurut Siswanto Sudomo (1989)
Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah segala sesuatu yang penting mengenai
seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban,
memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya
Perkembangan
Kewirausahaan di Indonesia Saat Ini
Pada saat ini Negara Indonesia masih dikatakan sebagai Negara
berkembang. Hal ini disebabkan oleh berbagai masalah yang terdapat di
Indonesia. Misalnya pendapatan penduduk yang rendah, banyaknya pengangguran,dan
kondisi ekonomi dan sosial yang tertinggal dibandingkan dengan Negara maju.
Banyak hal yang harus dibenahi pemerintah Indonesia untuk dapat meningkatkan
kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya.
PERANAN IMPIAN DALAM
MENCAPAI KESUKSESAN DAN BERANI MEMBANGUN IMPIAN HIDUP
Tujuan hidup tak dapat
dipisahkan dengan impian. Keduanya saling terikat erat. Dari tujuan yang
terpetakan, lahirlah mimpi-mimpi termanis. Atau bisa terjadi sebaliknya, dari
mimpi-mimpi yang indah, terbentuklah tujuan hidup yang sebelumnya masih
mengambang. Orang tanpa mimpi akan menjadi orang yang tak punya tujuan hidup
dan itu membahayakan karena akan membuat kita tak tahu arah kemana akan
melangkah.
Impian bahkan mampu
mendorong kita untuk melakukan hal-hal di luar kemampuan kita yang tak pernah
kita sangka sebelumnya. Karena impian, seseorang akan rela berjuang keras
mencapai tujuan hidupnya. Impian mendorong kekuatan, harapan dan optimisme akan
masa depan. Sebagaimana dikatakan Katherine Logan, “Impian memprediksi apa yang
akan kita peroleh nantinya. Kita didorong untuk bertindak. Dengan memikirkan
gambaran besarnya, kita akan menyelesaikan banyak hal satu demi satu,
menggunakan material yang kita miliki sebagai batu loncatan menuju hal yang
lebih tinggi, lebih baik dan lebih memuaskan. Dengan demikian, kita memiliki
nilai-nilai yang tidak dapat terlihat, namun bertahan untuk selamanya.”
Konsep “Start With The
End in Mind”
Begin atau Start with
the end in mind adalah kebiasaan nomer dua dari Tujuh Kebiasaan Manusia Efektif
(7 Habits Of Highly Effective People) buatan Stephen Covey. konsep ini
memberikan gambaran yang berangkat dari imajinasi pikiran. Konsep ini melatih
diri untuk selalu memikirkan target akhir dalam sebuah tindakan.
Stephen Covey
menyebutnya sebagai sebuah Mission Statement (pernyataan misi). Sebuah misi
harus dilaksanakan hingga tuntas (accomplished). Kejelasan (clairty) sebuah
misi menjadi sangat penting sebab melahirkan rencana tindakan dan sejumlah
strategi yang efektif untuk mencapainya.
PENTINGNYA
MENGEMBANGKAN SIKAP UNTUK MENJADI WIRAUSAHA
Sikap dapat ditumbuhkan
dan dikembangkan melalui proses belajar. Dalamp roses belajar tidak terlepas
dari proses komunikasi dimana terjadiproses tranfer pengetahuan dan nilai. Jika
sikap merupakan hasilbelajar, maka kunci utama belajar sikap terletak pada
proses kognisi dalam belajar siswa. Menurut Bloom, serendah apapun tingkatan
proses kognisi siswa dapat mempengaruhi sikap (Munandar, 1999). Namun demikian,tingkatan
kognisi yang rendah mungkin saja dapat mempengaruhi sikap,tetapi sangat lemah
pengaruhnya dan sikap cenderung labil. Kami yakin,bahwa proses kognisi yang
dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikapsecara signifikan, sejalan dengan
taksonomi kognisi Bloom, adalah padataraf analisis, sintesis, dan evaluasi.
Pada taraf inilah memungkinkan sasaran didik memperoleh nilai-nilai kehidupan
yang dapat menumbuhkan keyakinan yang merupakan kunci utama untuk menumbuhkan
dan mengembangkan sikap
DUA BELAS SIKAP MENUJU HIDUP SUKSES
John C. Maxwell menyimpulkannya dalam dua belas area-area
penting kesuksesan, yang disebut ”Daily Dozen.” Sebagai berikut :
·
Sikap. Pilihlah dan
tunjukkan sikap yang tepat tiap hari.
·
Prioritas. Tentukan dan
bertindaklah sesuai prioritas-prioritas yang penting tiap hari.
·
Kesehatan. Ketahuilah
dan ikuti panduan untuk hidup sehat tiap hari.
·
Keluarga.
Berkomunikasilah dan perhatikan keluarga Anda tiap hari.
·
Pemikiran. Berlatihlah
dan kembangkan pemikiran yang baik tiap hari.
·
Komitmen. Buatlah dan
kerjakan komitmen yang seharusnya Anda lakukan tiap hari.
·
Keuangan. Buat dan
aturlah keuangan Anda tiap hari.
·
Iman. Perdalam dan
jalani iman Anda tiap hari.
·
Hubungan. Ambillah
inisiatif dan berinvestasilah dalam hubungan yang kokoh tiap hari.
·
Kejujuran. Rencanakan
dan lakukan kejujuran tiap hari.
·
Nilai. Rangkullah dan
latih nilai-nilai yang baik tiap hari.
·
Pertumbuhan. Carilah
dan lakukan perbaikan tiap hari.
KARAKTER DAN CONTOH
KARAKTER WIRAUSAHA
1.
Dapat mengelola keuangan dengan benar
2.
Perencanaan ke depan
3.
Belajar untuk beradaptasi dan fleksibel
4.
Berani mengambil resiko
5.
Kenali pelanggan anda
6.
Tetap terorganisir
7.
Menciptakan hubungan melalui jaringan
8.
Lakukan apa yang anda cintai
9.
Memahami apa yang anda tawarkan
10.
Anda harus selalu siap dan tahu kapan harus keluar
PENGERTIAN DAN
PERBEDAAN TECHNOPRENEUSHIP DAN TECHNOPRENEUR DALAM WIRAUSAHA
Technopreneur
mengandung makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi yang sedang
berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Karena untuk
entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang/badan usaha yang mengelola
usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada.
Teknologi dimasa
sekarang menjadi salah satu peluang yang ada. Dari penjelasan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa technopreneur itu adalahEntrepreneur yang mengoptimalkan
berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada sebagai basis pengembangan usaha yang di
jalankannya, atau bisa di bilang Technopreneur ini adalah Entrepreneur modern
yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya.
Perbedaan Technopreneur dan Entrepreneur?
Entrepreneur adalah
orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau
berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun
manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur
permodalan operasinya.
Sedangkan Technopreneur
adalah wirausaha yang menjalankan bisnisnya dengan basis teknologi. Dengan kata
lain Technopreneur adalahentrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi
perkembangan teknologi yang ada sebagai basis pengembangan usaha yang
dijalankannya, atau bisa dibilang Technopreneur ini adalah entrepreneur modern
yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya.
HAKEKAT
TECHNOPRENEURSHIP DAN TECHNOPRENEUR DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN USAHA
Hakikat Technopreneur
adalah orang - orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatana - ksempatan bisnis,
mengumpulkan sumber daya sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan
yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk
mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih
sukses atau meningkatkan pendapatan.
Seorang entrepreneur
tidak hanya dapat berencana, berkata - kata tetapi juga berbuat, merealisasikan
rencana - rencana dalam pikirannya ke dalam suatutindakan yang berorientasi
pada sukses. Sedangkan Di era globalisasi, banyak wirasuaha dunia memanfaatkan
kemajuan teknologi, termasuk teknologi informasi, yang telah menunjang kegiatan
wirausaha atau yang biasa disebut technopreneurship. Technopreneurship inilah
yang kini telah menjadi fenomena digitalisasi ekonomi, dimana semakin banyak
pelaku wirausaha yang mampu menggunakan media online, serta melalui media
tersebut dapat mengembangkan gagasan inovasi yang mereka miliki untuk
menghasilkan nilai tambah ekonomi secara optimal.
PENGEMBANGAN USAHA DENGAN TECHNOPRENEURSHIP DALAM CONTOH
KASUS DI KEHIDUPAN SEHARI HARI
Dalam pengertian
wacana nasional, technopreneurship sebetulnya memiliki arti pemanfaatan
teknologi sebagai sarana untuk bisnis. Dalam hal ini, toko online menjadi
contoh upaya technopreneurship. produk dari pengusaha teknologi, misalnya
Facebook, Twitter, Google, Instagram, BBM, Whatsapp, Line
Referensi
http://www.berberita.com/2016/04/makalah-technopreneurship-lengkap-arti-fungsi-contoh.html
https://www.stephencovey.com/7habits/7habits-habit2.phphttps://bandungtrans.wordpress.com/tag/kekuatan-impian/
Sumber: Entrepreneurship, Menjadi Pebisnis ulung oleh Dr.
Ir. Eddy Soeryanto Soegoto diterbitkan oleh Kompas Gramedia, tahun 2009 di
Jakata.
Sumber:
Buku Pintar Pelajaran oleh Drs.Joko Untoro dan Tim Guru Indonesia
Wawancara
Hari ini kami mewawancarai salah satu pengusaha disekitar kampus kami ia adalah tukang foto kopi di sebelah kampus kami, kami bertiga mewawancarai salah satu karyawan yang bekerja disana. mereka merintis lapak usaha mereka sudah lama, lokasi yang strategis dan permintaan pasar yang mempuni memberanikan diri mereka untuk membuka usaha tersebut, lokasi yang tidak terlalu jauh dari kampus dan memberikan layanan secara online merupakan salah strategi yang baik untuk meraup lebih keuntungan di usaha mereka. mereka juga memfasilitasi para konsumen untuk mengedit file sebelum di process. layanan mereka masuk dalam kategori self service dan tidak memberikan biaya untuk mengedit data di komputer yang mereka peruntukan kepada konsumen, mereka memiliki 7 komputer siap pakai dan ruangan ber-ac supaya konsumen nyaman berada ditempat mereka. mereka juga memberikan layanan siap antar dari samping kampus supaya mendapatkan lebih konsumen. mereka juga menyiapkan banyak kebutuhan mahasiswa seperti bahan bahan, peralatan ATK, dll. harga print yang cukup murah dibandingkan pesaing pesaingnya membuat banyak konsumen lebih tertarik kepada mereka.
Alasan mereka berdagang ialah mencari duit untuk menyambung hidup, karna dengan membuka usaha tersebut mereka bisa menyambung hidup. ide jualan mereka ialah karna melihat lokasi dan segmentasi dari kampus gunadarma, melihat peluang yang bagus untuk membuka usaha foto kopi merupakan peluang yang bagus. impian kedepan dari usaha ini ialahan memperbesar dan bisa membuka cabang di kampus kampus lain dengan kulitas dan harga yang mampu bersaing. keuntungan perbulang yang mereka dapatkan tidak diberitahu oleh wirausahawan karna privacy penjual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar